By : Aris Nurdiyanto (diolah dari berbagai sumber)
Pendahuluan
Salah satu alat transportasi yang banyak di jumpai di sekitar kita adalah
jenis sepeda motor. Selain geografis faktor harga juga mempengaruhi
perkembangan produksi sepeda motor. Setidaknya pada tahun – tahun terakhir ini
harga relatif lebih murah dan terjangkau. Apalagi kalau di kota kota besar yang
rawan kemacetan, maka alternatif yang paling memungkinkan adalah dengan
menggunakan sepeda motor.
Kita ketahui saat
ini banyak merk sepeda motor yang ada di Indonesia misalnya Honda, Yamaha,
Suzuki, Kawasaki, TVS, Happy dll. Dengan banyaknya ragam dan keunggulan masing
– masing kendaraan, semakin memudahkan masyarakat menjatuhkan pilihan pembelian.
Tetapi dari pengamatan saya hanya merk Honda, Yamaha dan Suzuki yang secara
fisual terlihat bersaing ketat. Dengan kedewasaan konsumen, maka selain harga
maka pertimbangan gaya, keiritan dan kualitas nampaknya saat ini menjadi isu
yang populer.
Pada ulasan saya
sebelumnya, saya mencermati “segmentasi pasar, targeting dan positioning” sepeda
motor Honda tipe matic dengan jenis produk “Honda Beat”. Selanjutnya dalam makalah saat ini, saya
mencoba melihat lebih luas dan menganalisa Sepeda Motor Honda secara general
dari segi Strategi dan Manajemen Pemasaran. Alasan saya memilih merk sepeda motor
Honda dikarenakan secara pribadi adalah penggemar produk Honda. Selain itu
realita yang ada, memang Produk Honda
paling banyak diminati Konsumen di Indonesia. Sebagai bukti adalah data
dari dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) tahun 2012 bahwa merk
Honda masih menjadi pemimpin pasar otomotif sepeda motor di Indonesia. Dengan
data sebagai berikut :
Penjualan (unit) 2012
|
|||
Merek
|
September
|
Jan-Sept
|
Pangsa (%)
|
Honda
|
371.755
|
3.081.767
|
57,16
|
Yamaha
|
208.849
|
1.846.375
|
34,25
|
Suzuki
|
35.882
|
351.696
|
6,52
|
Kawasaki
|
10.755
|
97.799
|
1,81
|
TVS
|
1.498
|
13.485
|
0,25
|
Total
|
628.739
|
5.391.122
|
100
|
Dibeberapa tulisan
baik di surat kabar, internet dan pendapat beberapa teman, nampaknya Merk Honda
lebih diminati karena ada beberapa faktor, misalnya asumsi sepeda motor Honda memiliki
kualitas bagus, harga beli relatif murah, harga jual yang tinggi serta kemudahan
untuk pembelian dan perawatan. Dari latar belakang tersebut kami mencoba
membahas bagaimana strategi perusahaan agar asumsi - asumsi diatas dapat
dipertahankan oleh sepeda motor merk Honda. Batasan pembahasan kami adalah
analisa kesesuaian dengan materi Manajemen Pemasaran yang kami pelajari dengan
informasi produk secara umum.
Tinjauan Pustaka
- Pemasaran
Pemasaran
dikatakan sebagai bidang profesi yang dinamis dan senantiasa berubah mengikuti
situasi terkini. Pemasaran merupakan ujung tombak dari serangkaian kegiatan
perusahaan baik yang bergerak dalam bidang jasa ataupun barang. Pemasaran
adalah barometer atau
standarisasi dari keberhasilan
suatu usaha dalam meraih
pangsa pasar yang
seluas-luasnya. Menurut william J. Staton yang dikutip oleh
Basu Swastha dan Irawan (2006) menyebutkan bahwa pemasaran adalah suatu
sistem keseluruhan dari kegiatan – kegiatan bisnis yang ditujukan untuk
merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan
jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Untuk memahami pemasaran yang
handal diperlukan kemampuan
membaca kelompok pasar, kelompok konsumen,
sampai dengan kondisi-kondisi lain
yang kerap mempengaruhi pemasaran
barang dan jasa
di masyarakat. Dimana menurut Philip Kotlem: 2005 dalam buku Manajemen
Pemasaran hal 10, disebutkan bahwa dari definisi sosial pemasaran adalah suatu proses sosial dimana
individu atau kelompok dapat mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan
dengan menciptakan penawaran dan secara bebas mempertukarkan produk dan jasa
dengan pihak lain. Sedangkan dari definisi
manajerial pemasaran lebih diartikan sebagai seni menjual produk.
- Tujuan pemasaran
Sebuah
perusahaan yang didirikan mempunyai tujuan utama, yaitu mencapai tingkat keuntungan
tertentu, pertumbuhan perusahaan atau peningkatan pangsa pasar. Di dalam
pandangan konsep pemasaran, tujuan perusahaan
ini dicapai melalui
keputusan konsumen. Keputusan
konsumen diperoleh setelah kebutuhan
dan keinginan konsumen
dipenuhi melalui kegiatan
pemasaran yang terpadu. Menurut Basu
Swastha dan Irawan (2006) pada dasarnya tujuan perusahaan adalah memberikan
kepuasan kepada pembeli dan masyarakat yang lain dalam pertukarannya untuk
mendapatkan laba atau perbandingan antara penghasilan dan biaya yang
menguntungkan.
Tujuan
pemasaran adalah mengubah orientasi falsafah manajemen pemasaran lain yang
ternyata telah terbukti tidak berhasil mengatasi berbagai persoalan, karena
adanya perubahan dalam ciri-ciri pasar dewasa ini yang cenderung berkembang.
Perubahan tersebut terjadi antara lain karena pertambahan jumlah penduduk,
pertambahan daya beli, peningkatan dan meluasnya hubungan
atau komunikasi, perkembangan teknologi,
dan perubahan faktor lingkungan pasar lainnya.
Philip Kotler (2005) mengemukakan bahwa pemasaran mempunyai tujuan
membangun hubungan jangka panjang yang saling memuaskan dengan pihak- pihak
yang memiliki kepentingan utama pelanggan, pemasok, distributor dalam rangka
mendapatkan serta mempertahankan referensi dan kelangsungan bisnis jangka
panjang mereka.
- Strategi Pemasaran
Strategi adalah
suatu rencana yang di utamakan untuk mencapai tujuan perusahaaan.
Didalam strategi tersebut harus mampu memilih konsumen yang dituju,
identifikasi keinginan konsumen dan menentukan marketing mix. (Basu Swastha dan Irawan:2006)
Strategi
pemasaran yang berhasil umumnya di tentukan dari satu atau beberapa variabel
marketing mix-nya. Strategi pemasaran
didefiniskan sebagai analisis, strategi pengembangan dan pelaksanaan kegiatan
dalam pemilihan strategi pasar sasaran produk pada tiap unit bisnis, penetapan
tujuan pemasaran dan pengembangan, pelaksanaan serta pengelolaan strategi
program pemasaran penentuan posisi pasar yang dirancang untuk memenuhi
keinginan konsumen pasar sasaran. Pemasaran strategis merupakan strategi
pengembangan proses orientasi pasar. (David
W. Cravens:1996) .
Strategi adalah
suatu rencana permainan untuk mencapainya. Artinya setiap usaha harus
merancang strategi untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Semenetara menurut Michale Porter bahwa fokus stratgei
awal terdiri dari 3 jenis yaitu ; biaya secara keseluruhan, diferensiasi dan
fokus. (Buku “Marketing Management 9e”
Kotler, P. Hal : 75)
- Perencanaan Pemasaran
Perencanaan
diperlukan untuk mengikuti perkembangan di masa mendatang. Tanpa perencanaan
sebuah organisasi kemungkinan akan mengambil cara – cara yang ekstrim untuk
menghindari kerugian atau untuk mempertahankan kelangsungan hidup. Umumnya
perencanaan terdapat tiga konsep, yaitu perencanaan perusahaan secara
keseluruhan, perencanaan pemasaran dan pemasaran tahunan. (Basu Swastha dan Irawan:2006)
Perencanaan
strategis menurut Philip Kotler:11 (2005)
dilaksanakan pda 2 level. Yaitu level strategis dan taktis. Level pemasaran
strategis membentangkan pasar sasaran dan proporsi nilai yang akan ditawarkan,
berdasarkan analisa tentang peluang pasar terbaik. Sedangkan rencana pemasaran
taktis adalah merinci takttik pemasaran yang mencakup fitur produk, promosi,
perdagangan, penetapan harga, saluran distribusi dan pelayanan.
- Segmentasi Pasar
Segmentasi ada
agar perusahaan tidak akan ketinggalan ketika ada peluang yang muncul di pasar
terkait dengan keinginan konsumen. Perusahaan hendaknya cermat membaca kondisi
pasar sehingga dapat mengidentifikasi dari segi demografis, geografis,
dan psikografis. Perusahaan melakukan yang namanya segmentasi pasar, setidaknya
untuk menentukan tingkatan model pasar yaitu, sekelompok orang yang memiliki
satu atau lebih kesamaan karakter. Segmentasi pasar sendiri adalah suatu proses
membagi sebuah pasar ke segmen – segmen atau kelompok – kelompok yang bermakna,
relatif sama dan dapat diindentifikasi (Lamb,
Hair & McDaniel, 2001. Buku Pemasaran Hal : 280)
Tujuan
Segmentasi Pasar
Segmentasi
pasar memberikan peluang bagi perusahaan membagi pasar yang besar dan heterogen
ke dalam segmen segmen yang kecil. Dengan demikian dapat dijangkau oleh
perusahaan secara efisien dan efektif dengan produk dan jasa yang sesuai dengan
kebutuhan konsumen dalam segmen tersebut (Kotler
,P. & Amstrong , G. 2011. buku dasar – dasar pemasaran, hal : 282).
Segmentasi Yang Efektif
Berdasarkan
buku “Manejemn Pemasaran” Kotler, P.
& Keller K.L,, hal :250. disebutkan bahwa kriteria segmentasi pasar
efektif adalah :
§ Terukur
: Ukuran, daya beli dan karakteristik segmen dapat di ukur
§ Substansial
: Segmen cukup besar dan menguntungkan untuk dilayani. Sebuah segmen harus
menjadi kelompok homogen terbesar yang layak dikejar dengan program pemasaran
yang disesuaikan.
§ Dapat
diakses : Segmen dapat dijangkau dan dilayani secara efeketif.
§ Dapat
di Deferensial : Differentiabel berarti segmen tersebut dapat dibedakan secara
konseptual dan mempunyai respon yang berbeda terhadap elemen dan bauran
pemasaran yang berbeda.
§ Dapat
ditindaklanjuti : Program yang efektif dapat diformulasikan untuk menarik dan
melayani segmen.
- Targeting
Targeting
berarti sasaran yang dituju. Hal ini merujuk pada target market.
Target market dapat dikatakan segmen pasar yang menjadi tujuan pemasaran. Yang perlu diingat sebelum memutuskan segmen mana yang menjadi target market, perusahaan mengevaluasi apakah segmen tersebut berpotensi atau tidak . Sebelum menentukan sasaran perusahaan melakukan beberapa survey agar proses pemasaran tidak salah sasaran.
Target market dapat dikatakan segmen pasar yang menjadi tujuan pemasaran. Yang perlu diingat sebelum memutuskan segmen mana yang menjadi target market, perusahaan mengevaluasi apakah segmen tersebut berpotensi atau tidak . Sebelum menentukan sasaran perusahaan melakukan beberapa survey agar proses pemasaran tidak salah sasaran.
Dalam buku
“Pemasaran” Lamb, Hair & McDaniel,
2001. Hal : 303 targeting / sasaran
di bedakan menjadi 2 yaitu :
- Penetapan sasaran terkonsentrasi
Merupakan sebuag strategi yang
biasanya memilih satu segmen dari suatu pasar untuk memusatkan upaya – upaya
pemasarannya.
- Penetapan sasaran segmen-majemuk
Merupakan sebuah
strategi yang memilih dua atau lebih segmen pasar yang di definisikan dengan
baik dan mengembangkan bauran pemasaran yang berbeda untuk setiap segmen pasar
tersebut.
- Positioning
Positioning
adalah image atau citra yang terbentuk di benak konsumen dari sebuah nama
perusahaan. Positioning menyangkut bagaimana sebuah produk dinilai dan dilihat
di mata konsumen , serta apa yang bisa membuat konsumen mengingat produk
tersebut dan bisa membedakannya dengan produk lainnya. Positioning tidak hanya
membangun image tetapi juga membangun kepercayaan konsumen dengan menanamkan
berbagai informasi, identitas tentang produk di dalam benak konsumen perusahaan
sehingga konsumen selalu ingat dengan produk kita.
Positioning
cukup berpengaruh bagi keberhasilan perusahaan. Menurut Lamb, Hair & McDaniel, 2001. Buku Pemasaran Hal : 306, bahwa positioning
asalah bauran pemasaran spesifik untuk mempengaruhi keseluruhan persepsi
pelanggan – pelanggan potensial terhadap merk, lini, produk, atau organisasi secara
umum.
Tugas Positioning
Dalam
menentukan positioning ada 3 tahap (Kotler,
P & Amstrong, G., 2001) dalam buku “dasar – dasar pemasaran hal; 311
yaitu :
§ Mengidentifikasi
sejumlah keunggulan bersaing yang adapat dijadikan sebagai dasar untuk membangun
posisi
§
Memilih
keunggulan yang tepat
§
Memilih
suatu strategi postioning yang menyeluruh.
Selanjutnya
perusahaan harus mengkomunikasikan secara efektif ke pasar atas posisi yang
dipilih. Dan untuk mengkomunikasikan positioning sebuah produk perusahaan harus
memperhatikan factor factor dibawah ini :
1. Be creative , perusahaan harus kreatif untuk mencuri
perhatian konsumen atau target market.
2.
Simplicity , komunikasi yang disampaikan harus
sesederhana dan sejelas mungkin
3.
Consistent yet flexible , perusahaan harus konsisten .
4. Own, dominate, protect , dalam komunikasi perusahaan
harus memiliki satu atau beberapa kata ampuh di benak pelanggan .
5. User their language dalam mengkomunikasikan positioning
perusahaan harus menggunakan bahasa pelanggan.
- Bauran Pemasaran
Bauran pemasaran adalah
rangkaian sarana pemasaran
taktis terpadu yang dapat
dikendalikan (produk, harga, tempat dan promosi) untuk mengetahui respon pasar
sasaran yang diinginkan
oleh perusahaan. Bauran
pemasaran merupakan kombinasi variabel
atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran, variabel yang dapat
dikendalikan oleh perusahaan untuk mempengaruhi reaksi para pembeli atau
konsumen.
Sementara menurut Philip Kotler :
1997, bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan
perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran dalam pasar sasaran.
- Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk
merumuskan strategi perusahaan (freddy rangkuti, 2003). Analisa
ini didasarkan pada logika yang
dapat memaksimalkan kekuatan (strength) dan peluang (opportunities)
namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (weaknesses) dan ancaman
(threats).
Analisa tersebut dapat membantu dalam merumuskan kebijakan-kebijakan yang
sifatnya strategis bagi perusahaan. Dengan adanya analisis SWOT maka manejemen
dapat mengetahui apa yang menjadi peluang
bagi perusahaan dan
adanya ancaman yang
mungkin timbul. Selain
itu manejemen dapat mendeteksi keunggulan–keunggulan
perusahaan yang menjadi sumber-sumber kekuatan atau kelemahan - kelemahan yang
dimiliki perusahaan. Strength (kekuatan) adalah bagian dari analisis SWOT yang
membantu manejemen dalam mencari dan mengetahui apa yang menjadi keunggulan
perusahaan. Tujuan analisis model SWOT adalah untuk membantu manejemen dalam
merumuskan strategi-strategi apa yang nantinya dapat memperkokoh posisi
perusahaan dan memenangkan persaingan.
Pembahasan
Dalam makalah ini kami mencoba
membahas mulai dari visi misi perusahaan sampai dengan strategi pemasaran.
Dimana strategi pemasaran mencakup target dan marketing mix. Adapun analisa –
anlisa atau bahasan tersebut merupakan gabungan antara pendapat dan beberapa
teori yang melatar belakangi. Sumber informasi adalah dari website resmi Sepeda
Motor Honda (AHM) dan beberapa jurnal hasil penelitian. Namun demikian secara
garis besar apa yang kami uraikan adalah pendapat pribadi kami. Adapun bahasan
adalah sebagai berikut :
- Sejarah perkembangan perusahaan
PT Astra Honda Motor (AHM) merupakan pelopor industri sepeda motor di
Indonesia. Didirikan pada 11 Juni 1971 dengan nama awal PT Federal Motor, yang
sahamnya secara mayoritas dimiliki oleh PT Astra International. Saat itu, PT
Federal Motor hanya merakit, sedangkan komponennya diimpor dari Jepang dalam
bentuk CKD (completely knock down).
Pada tahun 2000 PT Federal Motor dan beberapa anak perusahaan di merger
menjadi satu dengan nama PT Astra Honda Motor, yang komposisi kepemilikan
sahamnya menjadi 50% milik PT Astra International Tbk dan 50% milik Honda Motor
Co.Japan. Saat ini PT Astra Honda Motor memiliki 3 fasilitas pabrik perakitan,
pabrik pertama berlokasi Sunter, Jakarta Utara yang juga berfungsi sebagai
kantor pusat. Pabrik ke dua berlokasi di Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, serta
pabrik ke 3 yang sekaligus pabrik paling mutakhir berlokasi di kawasan MM 2100
Cikarang Barat, Bekasi.
Guna menunjang kebutuhan serta kepuasan pelannggan sepeda motor Honda, saat
PT Astra Honda Motor di dukung oleh 1.600 showroom dealer penjualan yang
diberi kode H1, 3.800 layanan service atau bengkel AHASS (Astra Honda
Authorized Service Station) dengan kode H2, serta 6.500 gerai suku
cadang atau H, yang siap melayani jutaan penggunaan sepeda motor Honda di
seluruh Indonesia. Karyawan PT Astra Honda Motor saat ini berjumlah sekitar
15.000 orang.
Mencermati sejarah Astra Honda Motor sebagai pemegang hak di Indonesia,
nampak bahwa perkembangan cukup pesat. Artinya keberadaan merk Honda memang
telah dapat diterima oleh kultur msyarakat Indonesia. Terbukti selain pengembangan
produksi, juga di ikuti perkembangan pendirian pabrik perakitan.
- Visi dan Misi Perusahaan
Visi Honda adalah Untuk mengambil dan memimpin di pasar motor
Indonesia dengan membuat mimpi
pelanggan menjadi kenyataan, menciptakan sukacita kepada
pelanggan dan memberikan kontribusi kepada masyarakat Indonesia. Sedangkan Misi Honda adalah menciptakan solusi
mobilitas kepada masyarakat dengan produk dan layanan terbaik.
Mencermati visi dan misi perusahaan tersebut cukup menarik. Bagaimanapun
visi merupakan cita – cita yang ingin di capai seseorang atau organisasi.
Artinya cita - cita yang di lontarkan oleh Honda Motor sangat relefan dengan
keinginan calon konsumennya. Mewujudkan mimpi pelanggan, artinya perusahaan
akan selalu berusaha untuk mewujudkan keinginan konsumen. Dari Visi tersebut
jelas konsep strategi bisnis mengarah kepada Orientasi Pasar (keinginan
pasar).
Sesuai pendapat Cravens:1996,
bahwa Visi mencakup pengambilan
keputusan dimana, kapan dan bagaimana. Mari kita perhatikan, Honda memproduksi
dan memasarkan kendaraan bermotor di Indonesia. Mulai di produksi sejak tahun
1971 dan selalu berkembang hingga memiliki komponen atau perangkat produksi dan
sistem pemasaran serta evaluasi yang lengkap. Selanjutnya honda mengembangkan
produk sesuai dengan keinginan konsumen atau melihat harapan konsumen. Minimal dengan
slogan “One Heart”, terkenal irit dan citra bahwa mesin awet, adalah salah satu
bukti bagaimana perusahaan Honda (AHM) mengendalikan pasar sesuai dengan
keinginan pasar itu sendiri.
Terkat misi perusahaan,
nampaknya untuk mempertahankannya Honda telah memiliki strategi tersendiri.
Bukti adalah munculnya berbagai jenis atau tipe kendaraan yang ditawarkan ke
masyarakat. Artinya Honda mengeluarkan produk mengikuti perubahan pasar. Hal
ini setidaknya untuk menjawab pendapat Philip
Kotler : 1997 yang menyebutkan bahwa lama kelamaan perusahaan akan
kehilangan minat pada misinya atau misi tersebut akan tidak relevan dengan
perubahan kondisi pasar. Tetapi saya berpendapat apabila ada kosistensi terhadap
misi itu sendiri, maka kepercayaan konsumen tetap ada, dan keuntungannya adalah
visi perusahaan juga akan terjaga. Artinya kelangsungan perusahaan selalu dapat
dipertahankan dengan baik.
- Tujuan Perusahaan
Sebagaimana disebutkan bahwa PT. AHM
merupakan perusahaan
yang bertujuan menjalankan fungsi produksi, penjualan dan pelayanan purna jual
yang lengkap untuk kepuasan pelanggan. Artinnya fungsi produksi adalah
menciptakan produk untuk dapat di jual, dari penjualan tentunya akan
mendapatkan keutungan. Sedangkan purna jual sebenarnya juga merupakan unsur
bisnis yang dapat menghasilkan keutungan. Tetapi di lain pihak bahwa produk
Honda tersebut dapat di manfaatkan secara maximal sebagai alternatif kendaraan
transportasi yang murah dan sesuai kebutuhan masyarakat. Dari uraian tersebut
tujuan perusahaan untuk mendapat keuntungan dan keinginan konsumen mendapat
kepuasan tampak bersinergi.
Sebagaimana disebutkan oleh Basu
Swastha dan Irawan (2005) bahwa tujuan merupakan titik awal dari
perencanaan pemasaran. Tujuan tersebut harus ditetapkan sebelum mengambil
keputusan strategis. Tujuan perusahaan pada dasarnya ada 2 yaitu tujuan Umum
dan Tujuan khusus. Tujuan umum adalah mencari laba atau keuntungan, sedangkan
tujuan khusus adalah terkait dengan upaya peningkatan kualitas produk,
perluasan pasar dan laba jangka pendek.
Dari penjelasan dan dasar teori yang ada saya tarik garis besar bahwa
memang AHM ini berusaha mencari laba atau keuntungan serta berusaha
memperkuat/memperluas pemasaran produk. Tetapi juga terdapat tujuan untuk
kebaikan konsumen yaitu berupa kepuasan pelanggan itu sendiri. Artinya
keuntungan merupakan hasil dari keberhasilan perusahaan mencapai tujuannya.
- Peluang, Ancaman, Kelemahan dan Kekuatan (Swot Analisis)
Untuk membuat suatu rencana maka setidaknya AHM mengevaluasi faktor eksternal
maupun faktor internal. Analisis faktor-faktor haruslah menghasilkan adanya
kekuatan (strength) yang dimiliki oleh suatu organisasi,
serta mengetahui
kelemahan (Weaknesses) yang
terdapat pada organisasi itu. Sedangkan analisis terhadap faktor eksternal harus dapat mengetahui kesempatan (opportunity) yang terbuka bagi organisasi serta dapat mengetahui pula ancaman (treaths)
yang dialami oleh organisasi yang bersangkutan.
Dari pemahaman saya dengan membaca
beberapa ulasan dan berita terkait dengan AHM dapat saya uraikan menurut pendapat
saya sendiri adalah sebagai berikut :
Faktor Internal
Kekuatan
ü
Skala usaha internasional
ü
Modal yang dimiliki pasti memadai
ü
Memiliki tempat / pabrik perakitan sendiri
ü
Memiliki pabrik suku cadang / spare part
ü
Memiliki show room delaer dan pelayanan service yang memadai
ü
Irit bahan bakar
ü
Harga purna jual masih bagus
Kelemahan
ü Terkenal inovasi
mesin kurang, hanya inovasi body
ü Spare part asli
mahal
ü Pabrik perakitan
hanya di pulau jawa dan itupun hanya di area jakarta dan sekitarnya
ü Pabrik yang di indonesia
hanya perakitan saja
ü Beberapa stock
jenis tertentu umumnya terbatas
Faktor Ekstenal
Peluang
ü Mempunyai citra
yang kuat dari Brand “Honda” sebagai merek pertama di Indonesia atau Image
sepeda motor Honda sudah melekat di Masyarakat.
ü Geografis di
Indonesia cocok apabila di pakai jenis Sepeda motor, khususnya di daerah
ü Merupakan
kendaraan pribadi yang sesuai dengan kondisi perekonomian di Masyarakat dari
segi harga dan kualitas
ü Kualitas produk
Honda diakui di Masyarakat Indonesia
ü Image irit di
masyarakat masih melekat, sehingga masih di gemari
ü Kepadatan
kendaraan roda 4 di kota beasr membuat peluang tersendiri bagi kelas sepeda
motor.
Ancaman
ü Banyak pesaing,
khususnya yang paling kuat adalah brand Yamaha dan Suzuki.
ü Persaingan harga
produk dengan CC yang sama relatif ketat.
ü Banyak
kompetitor yang membuka dealer di kota – kota kecil bahkan sudah sampai di
kecamatan - kecamatan
ü Inovasi
kompetitor cukup cepat
ü Harga bahan
bakar minyak (BBM) yang cukup mahal
ü Muncul merek
sepeda motor cina (mocin)
Selanjutnya sesuai dengan pendapat Freddy Rangkuti (2003) setelah peluang,
ancaman, kelemahan dan kekuatan di ketahui, barulah dapat di cari atau
disiapkan tahap analisisnya. Dengan analisis tersebut dapat disiapkan strategi
yang dapat di gunakan. Adapun model strategi tersebut salah satunya yang dapat
digunkan Matrik SWOT. Matrik ini
dapat menggambarkan kombinasi atas gambaran factor internal dan ekternal.
Dari uraian diatas dapat
dibahas alternatif strategis sebagai berikut :
Strategi SO
Adalah memanfaatkan seluruh kekuatan dan memanfaatkan peluang sebesar –
besarnya. Sehingga yang dapat di tempuh adalah :
o
Meningkatkan produksi jenis tertentu yang sedang
menjadi tren, misal jenis matic atau sport
o
Memberikan variasi harga
sesuai dengan daerah.
o
Mempergencar promosi di daerah
o
Memberikan variasi pelayanan di dealer – dealer dan purna jual
o
Memberikan variasi pelayanan
di jasa service
Strategi ST
Adalah strategi dalam
menggunakan kekuatan yang dimiliki perusahaan untuk mengatasi ancaman. Yang
dapat di tempuh atau dilakukan adalah :
o
Inovasi produk dengan tetap
mengandalkan keiritan dan kekuatan mesin
o Memberikan training skill pada pegawai
khususnya di bagian pelayanan jasa service
o
Mempermudah
system pembelian atau kredit
o
Menambah dealer atau show
room di daerah – daerah
Strategi WO
Adalah strategi dalam menggunakan peluang yang dimiliki perusahaan dengan
meminimalkan kelemahan yang ada. Yang mungkin dapat dilakukan adalah :
o
Memiliki system distribusi
dan penyaluran yang merata ke seluruh wilayah sesuai dengan pangsa pasar
wilayah terkait
o
Membuat style atau bodi yang
lebih dinamis dan modern
o
Menyediakan
stok jenis terntentu di dealer khususnya sesuai orientasi pasar yang di tuju
misalnya peningkatan jenis skutik dan sport.
Strategi WT
Adalah strategi yang bersfiat difensif dan berusaha meminimalkan
kelemahan serta menghindari aancaman
o Menyediakan paket surprice atau hadiah (biasanya undian berhadiah
dari pelanggan Honda)
o Melakuakan promisi kedesa-desa dan gencar memberikan promosi di
segmen segmen tertentu
o
Membuat
suku cadang yang lebih murah
o
Inovasi
produk terus menerus
- Strategi Pemasaran
Strategi perusahaan terkit produk
biasanya berbeda – beda. Walaupun dalam satu payung korporasi. Hal ini karena
terkait dengan segmen dan target penjualan produk itu sendiri. Artinya terdapat
Unit Usaha yang mengelola atau menyusun strategi secara khusus. Tetapai secara
umum tentu perusahaan memiliki strategi secara korporasi. Intinya strategi di
tempuh atau dilakukan berdasarkan suatu tujuan. Menurut Basu
Swastha dan Irawan (2005) ada 3 tahap strategi yaitu :
1)
Memilih konsumen yang di tuju
2)
Identifikasi keinginan konsumen
3)
Menentukn marekting mix
Sedangkan unsur strategi persaingan
menurut Freddy Rangkuti (2003) terdiri
dari 3 hal yaitu :
a.
Strategi segmentasi pasar
b.
Targeting
c.
Positioning
Pembahasan terkait dengan strategi dan unsur strategi
tersebut akan di bahas selanjutnya. Secara garis besar 2 hal yang akan di
analisa adalah terkait dengan Target Market dan Marketing Mix dari produk AHM.
I.
Target Market
AHM mempunyai target penjualan pada
seluruh lapisan masyarakat. Secara umum produk yang diciptakan sesuai dengan
kelompok atau segmentasi terkait. Dalam hal ini yang saya ketahui adalah dengan
adanya jenis sepeda motor tipe Bebek, Tipe Sport dan Tipe Skutik. Masing masing
tipe tersebut mempunyai segmentasi pasar masing – masing dan dengan varian
masing – masing. Sebagai contoh pembahasan saya sebelumnya adalah segmentasi,
targeting dan positioning Honda tipe
Skutik jenis Beat, adalah diminati kaum muda dan umunya perempuan.
Sebagai contoh saja uraian target market adalah pada pembahasan segmentasi, targeting dan
positioning salah satu produk AHM yaitu Honda Beat. Dari uraian kami sebelumnya
mungkin bisa mewakili secara implisit bagaimana strategi pemasaran Honda di
Indonesia.
Strategi Honda Beat
|
No
|
Implementasi
|
Segmentasi
|
1
|
Honda Beat adalah tipe kendaraan pada segmen tipe
skuter otomatic
|
2
|
Honda Beat juga berada pada segmen Low AT dengan harga +
12,5 Juta
|
|
3
|
Segmentasi
pasarnya adalah untuk kalangan remaja dan kaum muda
|
|
(khususnya pelajar SMU dan Mahasiswa)
|
||
4
|
Segmentasi untuk kaum muda yang suka akan rasa nyaman,
|
|
praktis, style yang trendi dan modern
|
||
5
|
Honda
beat adalah tipe kendaraan pada segmen 110 CC
|
|
6
|
Konsentrasi pemasaran di Kota dan Daerah
|
|
(di kota cenderung pakai velg racing, di daerah
cenderung velg jari - jari)
|
||
Targeting
|
1
|
Tahun 2012 ditargetkan mampu menjual 1.350.000 unit
|
2
|
Target
pemasaran adalah untuk remaja dan kaum muda
|
|
3
|
Target
pemasaran baik di kota
maupun di desa diupayakan tetap maximal
|
|
Positioning
|
1
|
Honda
secara umum telah memiliki Brand Produk tersendiri di masyarakat
|
(karena
salah satu produk yang pertama muncul di Indonesia)
|
||
2
|
Honda memiliki
slogan "One Heart"
|
|
3
|
Honda beat dikembangkan dengan keunggulan "Irit,
Karbu dan Terjangkau"
|
|
(dengan
slogan iklan adalah "Can't Stop The New Beat")
|
||
4
|
Honda beat sering mengadakan promosi ke segmen pelajar
|
|
(tema “Nge-BeAT Bareng Hai Skulizm”)
|
||
5
|
Dengan
harga yang berkisar 12,5 On The Road, menempatkan Honda Beat
|
|
Sebagai
kendaraan yang cukup murah dan berkualitas
|
||
6
|
Honda Beat memberikan beberapa pilihan seperti : Hard
Rock Black,
|
|
Electro Red, Techno White, Groovy Blue dan Disco Green
|
||
7
|
Honda Beat mempunyai fitur unggulan yaitu : parking
brake lock dan
|
|
side stand switch
|
Gambaran segmentasi tersebut nampaknya
sesuai dengan Kotler dan Keller (2009). Dimana segmentasi di pengaruhi psikologi
bahwa ada nilai style dan perasaan nyaman di pemakai/konsumen. Sehingga ada
inters yang baik dari konsumen terhadap produk tersebut. Karena segmentasi
psikologis berdasarkan sifat probadi, gaya hidup dan nilai.
II.
Marketing Mix
Dalam marketing mix perusahaan harus
menetapkan bagaimana cara untuk mensinergikan antara produk, harga, tempat dan
promosi. Bahkan lebih spesifik bahwa perusahaan harus mampu mengalokasikan
anggaran ke berbagai alat pemasaran yang dimiliki Basu
Swastha dan Irawan (2005). Berikut dapat saya uraikan masing masing analisa
bagian Marekting Mix sebagai berikut :
Analisa Produk
Produk berupa barang dan jasa sampai saat ini sethu saya yang dikeluarkan oleh AHM adalah:
1) Sepeda Motor merk Honda
2) Bengkel resmi sepeda motor merk
Honda.
3) Suku
cadang (spare part) sepeda motor merk Astra Honda.
4) Motor
Bekas / Second
Adapun
gambaran umum produk barang
dan jasa adalah
sebagai berikut:
1)
Sepeda motor merk Honda dijual baik
dengan cara Cash maupun Kredit misalnya melalui FIF atau Adira atau jasa
pembiyayaan lain. Ada beberapa macam tipe merk motor Honda yang di perdagangkan
seperti Honda Revo, Honda Supra Fit, Honda Mega Pro, Honda Tiger, Honda Cbr,
untuk jenis sepeda motor bebek, dan untuk sepeda motor matic sendiri ada Honda
Beat, Honda Vario dan Honda Spacy.
2)
Pelayanan Jasa Bengkel Sepeda Motor
Honda menyebar di seluruh wilayah. Dengan peralatan terbilang baik dan memadai,
perlengkapan untuk service motor dan kinerja pegawai yang sejauh ini saya lihat
cukup baik. Pelayanan jasa itu
sangat penting, keramahan
dan kemampuan pegawai dalam
melayani konsumen serta dalam pengerjaan kendaraan konsumen akan membuat
kepuasaan pelanggan meningkat dan akan memunculkan loyalitas dari konsumen.
3)
Suku cadang (Spare Part) asli motor
Honda adalah salah satu produk unggulan Astra Motor. Walaupun harga relatif
mahal tetai kualitas tidak diragukan lagi.
4)
Adapun motor bekas/motor Second yang diperdagangkan
adalah motor yang tidak dapat
lagi dibayarkan iuran
bulanan oleh konsumen
yang melakukan pembelian secara kredit
atau dengan kata lain kredit macet, yang kemudian motor tersebut ditarik
kembali oleh pihak dealer dan nantinya direkondisi yang kemudian akan di jual
kembali sebagai motor second.
Analisa Promosi (Promotion)
Bentuk-bentuk promosi pemasaran yang
dilakukan oleh AHM, terdapat berbagai macam. Tetapi secara umum dan untuk
mempermudah, dapat saya kategorikan menjadi dua bagian yaitu periklanan dan
sponsor, dengan uraian sebagai berikut :
Periklanan
Iklan adalah bentuk komunikasi tidak
langsung yang didasari pada informasi tentang keunggulan sepeda motor Honda.
Biasanya disusun rangkaian kata-katanya sedemikian rupa dengan mengubah pikiran
seseorang untuk membeli motor Honda (baru/second), sparepart asli motor Honda
maupun perbaikan di bengkel resmi Honda. Artinya hal ini sesuai dengan pendapat
philip kotler (2005) yang menyebutkan
bahwa iklan adalah bentuk komunikasi
non-personal, yang melakukan penyebaran pesan informasi dan persuasi
melalui media massa kepada kelompok sasaran tertentu mengenai suatu organisasi,
barang, jasa maupun ide dengan pencantuman sponsor yang jelas.
Adapun kegiatan periklanan yang dilakukan oleh AHM dengan berbagai macam cara di antaranya
melalui media cetak seperti surat kabar, media luar ruangan seperti baliho dan
spanduk, layar kaca (televisi), internet dll. Tetapi umumnya masing – masing
unit usaha atau diferensiasi dari Honda melakukan promosi masing – masing.
Sehingga akan banyak kita jumpai berbagai jenis iklan yang menawarkan produk
honda sesuai dengan segmentasinya.
Sponsorship
Kegiatan sponsorship yang dilaksanakan
oleh AHM bertujuan untuk lebih mensosialisasikan produk kepada masyarakat luas
melalui berbagai kegiatan seperti, sponsor kegiatan amal, festival musik,
olahraga dan lain sebagainya. Dalam hal
ini yang berperan adalah public relation. Seperti halnya pendapat Kotler dan Amstrong (2001) yang
menyebutkan public relation adalah suatu
fungsi manajemen yang melakukan
evaluasi sikap masyarakat, mengidentifikasi kebijakan dan prosedur organisasi
dan/atau perorangan yang dikaitkan dengan keinginan masyarakat, serta
melaksanakan program yang sistematis
untuk mencapai pemahaman dan penerimaan masyarakat dalam upaya memperoleh citra positif. Dimana salah satu perangkat atau alat yang
digunakan adalah kontribusi sosial, dan pendanaan.
Analisa Harga (Price)
Harga untuk tarif produk
dan jasa yang
di berikan dan yang di
sosialisasikan sangat
menentukan keberhasilan pemasaran,
jika harga tarif
rendah dibarengi dengan tingginya kualitas pelayanan barang dan jasa,
maka konsumen akan lebih tertarik menggunakan jasa dan membeli motor Honda.
Seperti diawal telah saya sebutkan bahwa memang harga relatif mahal, tetapi
apabila kualitas yang di hasilkan sepadan maka konsumen tetntu tetap memilih
Honda sebagai prioritas.
Yang
paling diwaspadai adalah kompetitor, sebab selain persaingan harga sangat
ketat. Secara umum semua menawarkan harga yang relatif murah atau terjangkau.
Disinilah poin yang harus diperhatikan. Ketika harga mulai ketat, maka satu –
satunya cara yang dapat dimaksimalkan adalah mempertahankan atau bahkan
meningkatkan kualitas dan pilihan bagi konsumen. Dan saat ini kunci
keberhasilan Honda adalah pada kualitas yang dimiliki.
Distribusi
Seperti uraian company profile
sebelumnya, PT Astra Honda Motor memiliki 3.800 layanan service atau
bengkel AHASS, serta 6.500 gerai suku cadang sepeda motor Honda di
seluruh Indonesia. Hal yang mungkin jadi masalah adalah pabrik Honda terdapat
di Jawa, padahal konsumennya seluruh Indonesia. Oleh karena itu sistem
transportasi pengangkut harus selalu diperhatikan.
Hal ini mengacu pada pendapat Philip Kotler, Basu Swastha & Irawan
ataupun David W Cravens yang intinya hampir sama yaitu dalam distribusi
yang harus di perhatikan adalah sistem transportasi, sistem penyimpanan, dan
pemilihan saluran distribusi. Dari ketiga hal tersebut AHM telah mampu memenuhi
dan setidaknya mengatasi permasalahan distribusi. Hal ini terbukti bahwa AHM
memiliki 1.600 showroom dealer penjualan resmi AHM.
Kesimpulan
Dari uraian tersebut diatas
sebenarnya kesimpulannya adalah bagaimana perusahaan itu (khususnya Honda)
mampu memenangkan pasar melalui perencanaan strategis dengan tetap
berorientasi pada konsumen atau pasar. Artinya seluruh bagian organisasi
yang ada di dalamnya berupaya bagimana mendapatkan sistem dan keputusan yang
tepat dalam menciptakan kepuasan pelangan atau konsumen.
Bukti dari organisasi AHM tersebut
fokus pada konsumen adalah terlihat dari Visi dan Misi yang di canangkan.
Sedangkan implementasinya adalah dari banyaknya produk yang mewakili harapan
konsumen serta tanggapan penerimaan konsumen terhahadap produk Honda itu
sendiri. Setidaknya di buktikan dengan angka penjualan yang rekatif selalu
bersaing dan memimpin otomotif motor di Indonesia. Artinya fungsi penawaran
dan permintaan dalam sistem perekonomian tercipta dengan saling memberikan
keuntungan.
Adanya segmentasi pasar, target dan
positioning merupakan strategi dalam persaingan. Hal tersebut sebagai bagian
bagaimana Honda mampu mencarai atau merebut hati konsumen. Terbukti dengan
slogan “One Heart” dan hampir setiap produk mempunyai karakter yang kuat sesuai
dengan target yang di tuju. Inilah keunggulan daya saing yang sebenarnya dari
produk Honda. Yang berarti sesungguhnya untuk menjadi pemenang maka
karakter dan keinginan konsumen mutlak di pahami terlebih dahulu.
Terkait dengan analisi SWOT mungkin
yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan produk yang selalu up to date
sesuai keinginan/kebutuhan masyarakat. Artinya hanya dengan ber Inovasi dan
Perbaikan terus menerus maka akan dapat selalu mencapai kepuasan pelanggan.
Atau dalam arti lain, AHM harus selalu pada target pengembangan produk yang lebih
mutakhir, inovasi teknologi, pengembangan yang kontinyu terhadap produknya.
Selanjutnya AHM juga dapat menjual lebih banyak motor skutik dan sport yang
lebih banyak sesuai dengan permintaan konsumen akhir-akhir ini. Menjual di
tempat lain atau mencari tempat-tempat yang belum pernah dijangkau termasuk ke pedesaan.
Daftar Pustaka
Cravens, D.W., 1996. Pemasaran
Strategis, Edisi 4. PT. Penerbit Erlangga, Jakarta.
Kotler, P., 1997. Marketing
Management. ”Analisa Perencanaan,
Implementasi dan Kontrol”, Edisi 9. PT Ikrar Mandiriabadi, Jakarta.
Kotler, P., 2005. Manajemen
Pemasaran, jilid 1. Edisi 11. PT. Indeks, Jakarta.
Kotler, P., & Armstrong, G., 2001. Dasar – dasar
Pemasaran, jilid 1. PT. Indeks, Jakarta.
Kotler, P., & Keller, K.L., 2009. Manajemen
Pemasaran, edisi 13. Penerbit Erlangga, Jakarta.
Lamb, C.W., Hair, J.F.,
& McDaniel, C., 2009. Pemasaran, buku 1. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Rangkuti, F., 2003. Analisis Swot Teknis Membedah
Permasalahan Bisnis, “reorientasi konsep
perencanaan strategis untuk menghadapi abad 21.” Penerbit PT Gramedia
Pustaka Utama, Jakarta.
Swastha, B., & Irawan.,
2005. Manajemen Pemasaran
Modern. Penerbit Liberty, Yogyakarta.
izin copy sedikit ya mass
BalasHapussaya salah satu team leader honda, dan saya berterimkasih atas segala informasi yang diberikan
BalasHapusSemoga sukses bersama Honda. Hanya analisa sederhana, semoga bermanfaat ...
HapusKABAR BAIK!!!
BalasHapusRamadan adalah di sini sudah tidak Anda berpikir itu adalah waktu untuk mendapatkan berkah dari Allah bisa Koneksi hari ini dan Anda yakin akan bahagia dengan kasih karunia Allah.
Nama saya Mia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.
Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.
Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
BalasHapusAnda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.
Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
BalasHapusAnda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.
KABAR BAIK!!!
BalasHapusNama saya Aris. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah penipuan oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.
Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.
Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
BalasHapusAnda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.
Kami siap membantu orang yang membutuhkan pinjaman pada tingkat bunga rendah.
BalasHapusAku Karen Mark, pemberi pinjaman uang pribadi, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya telah didaftarkan dan disetujui perusahaan pinjaman oleh kerajaan Inggris untuk mengontrol lembaga keuangan. Aku memberikan pinjaman untuk lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, pada tingkat 2%. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank. Tidak memerlukan banyak dokumen. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: karenmarkfinancialloancompany@gmail.com
Kami akan memberikan kami yang terbaik.
Nama saya Dewi Rumapea, saya dari Indonesia, tolong dengarkan, beberapa pemberi pinjaman di sini tidak bersedia untuk membantu Anda, semua yang mereka inginkan adalah untuk merobek Anda uang Anda sulit diperoleh, hal yang paling penting adalah menerapkan untuk perusahaan yang sah.. Suami saya dan saya, mencari pinjaman dari kreditur yang berbeda online tapi pada akhirnya, kami ditipu dan merobek uang kita tanpa mendapatkan pinjaman kami dari perusahaan-perusahaan pinjaman yang berbeda secara.
BalasHapusKami bahkan meminjam uang untuk membayar pemberi pinjaman ini online tapi pada akhirnya, kita punya apa-apa.
Suami saya dan saya berada di utang, dan kami tidak punya satu untuk lari ke bantuan, bisnis keluarga kami hancur dan kami di mana tidak bisa mendapatkan uang untuk memenuhi biaya sehari-hari sampai kami diperkenalkan kepada Ibu Glory yang membantu kami dengan menawarkan kita jumlah pinjaman tanpa jaminan dari 500 juta tanpa agunan.
Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana untuk mencapai Ibu. Glory atau mengikuti prosedur pinjamannya, hubungi saya melalui email saya: dewiputeri9@gmail.com
Atau Anda dapat mengirim email ke Ibu Glory ke: gloryloanfirm@gmail.com
Saya adalah Widya Okta dari SURABAYA, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
BalasHapusApakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.
Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.
Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.
Halo, saya Ainah Ann, saat ini saya tinggal di indonesia. Saya hampir muak dengan kehidupan beberapa bulan yang lalu karena saya membutuhkan uang untuk membayar tagihan saya, dan karena situasi saya, saya sangat ingin mendapatkan pinjaman untuk membayar tagihan saya yang sudah dikeluarkan dan membiayai bisnis saya. Semua usaha saya untuk mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman swasta dan korporasi internet ini benar-benar sia-sia.
BalasHapusPoin terakhir saya untuk mengatakan selamat tinggal pada pencarian pinjaman adalah ketika Tuhan menyerahkan kepada saya sarana rezeki saya untuk bisnis dan mata pencaharian saya sampai saat ini, yang memberi saya pinjaman sebesar 750 juta Rupee Indonesia. Saya hanya harus bersaksi secara online ini karena saya tahu ada banyak orang di luar sana yang mencari jenis perbuatan baik ini, dan pada saat yang sama saya harus menceritakan dunia tentang kesempatan besar yang menanti mereka.
Mengamankan pinjaman tanpa jaminan, Tidak ada pemeriksaan kredit, tidak ada penandatanganan, dan, hanya dengan tingkat bunga 2% saja dan rencana pembayaran dan jadwal yang lebih baik. Jangan buang waktu lagi, dan bayar tagihan Anda dengan bantuan Maureen Kurt Financial Service. Anda dapat menghubungi dia melalui (maureenkurtfinancialservice@gmail.com). Dia adalah wanita yang baik hati dan kebajikan, jadi jangan takut untuk bertemu dengannya untuk meminta bantuan. Jika ada keraguan atau ketakutan, Anda selalu bisa menghubungi saya melalui ainahann10@gmail.com
AKHIR TAHUN PINJAMAN DI RATE SANGAT RENDAH.
BalasHapusHalo, aku Mrs. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk mendirikan sebuah bisnis baru, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Aku memberikan pinjaman untuk lokal, internasional dan juga perusahaan pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.
KABAR BAIK!!! KABAR BAIK!!! KABAR BAIK!!!
BalasHapusNama saya fatma. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka iseng, karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi atau biaya garansi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah dengan perusahaan pinjaman mereka yang curang.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah dibodohi oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama ibu Theresa, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari USD100.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dan tingkat bunganya hanya 2%,
Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajukan, dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.
Karena saya berjanji akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: theresaloancompany@gmail.com dan dengan rahmat Tuhan ia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda patuh.
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: feyzilfatma@gmail.com dan Sety diperkenalkan dan berbicara tentang Ny. Theresa, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ny. Theresa, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email: martinimarais1986@gmail.com sekarang, yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening mereka setiap bulan.
Sepatah kata cukup untuk orang bijak
Apakah Anda memerlukan kredit mendesak?
BalasHapus* Transfer Sangat Cepat dan Instan ke rekening bank Anda
Bayar kembali bulan setelah Anda mendapatkan pinjaman di bank Anda
akun bank
* Suku bunga rendah 2%
* Pengembalian jangka panjang (1-30) Tahun Panjang
* Pinjaman fleksibel dan gaji bulanan
*. Berapa lama untuk membiayai? Setelah mengajukan pinjaman
Anda mungkin mengharapkan jawaban awal kurang dari 24 jam
pembiayaan dalam waktu 48 Jam setelah menerima informasi yang mereka butuhkan
Dari kru di perusahaan pinjaman ROSSA STANLEY, kami adalah perusahaan pembiayaan berpengalaman yang menyediakan fasilitas pinjaman yang mudah, tulus, serius, korporat, legal dan publik dengan suku bunga 2%. Kami memiliki akses ke koleksi uang tunai untuk diberikan kepada perusahaan dan mereka yang memiliki rencana untuk memulai bisnis tidak peduli seberapa kecil atau besar, kami memiliki uang tunai. Yakinlah bahwa kesejahteraan dan kenyamanan Anda adalah prioritas utama kami, mengapa kami ada di sini untuk mengurus pemrosesan pinjaman Anda.
Hubungi perusahaan pinjaman yang sah dan dapat dipercaya dengan rekam jejak layanan yang memberikan kebebasan finansial kepada PBB.
Untuk informasi lebih lanjut dan pinjaman yang meminta untuk mendirikan bisnis Anda, membeli rumah, membeli mobil, liburan, hubungi kami melalui,
Email Resmi: rossastanleyloancompan y@gmail.com
Instagram Resmi: Rossamikefavor
Twitter Resmi: Rossastanlyloan
Facebook Resmi: bantuan rossa stanley
CSN: +12133153118
untuk respon cepat dan cepat.
Silakan isi formulir aplikasi di bawah ini dan kami akan menghubungi Anda lagi, Kami tersedia 24/7
DATA PEMOHON
1) Nama Lengkap:
2) Negara:
3) Alamat:
4) Jenis Kelamin:
5) Status Perkawinan:
6) Pekerjaan:
7) Nomor Telepon:
8) posisi di tempat kerja:
9) Penghasilan Bulanan:
10) Jumlah Pinjaman yang Diperlukan:
11) Durasi Pinjaman:
12) nama facebook:
13) nomor Whatsapp:
14) Agama:
15) Tanggal lahir:
SALAM,
Favor Mrs.Rossa Stanley
ROSSASTANLEYLOANCOMPANY
Email rossastanleyloancompany@gmail.com
Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, jadi banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. menipu Anda dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang menabrak karena hutang.
BalasHapusKetika saya mencari perusahaan pinjaman swasta yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lain dan nama perusahaan itu THE WORLD LOAN COMPANY. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.
Ya Tuhan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman itu, memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan yang dapat dipercaya di mana Mrs. Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai memverifikasi rincian saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini adalah salah satu penipuan yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya tertegun. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa jaminan
Saya sangat senang bahwa Tuhan menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. tahu tentang perusahaan fashion.
Jadi saya sarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk dihubungi
ibu christabel melalui email: (christabelloancompany@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (lianmeylady@gmail.com) dan Sety memperkenalkan dan berbicara tentang christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui emailnya: permatabudiwati@gmail.com Sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman yang saya kirim langsung ke akun mereka setiap bulan.
Sepatah kata untuk orang bijak sudah cukup
Terima kasih sekali lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang serta kehidupan yang makmur dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.
Ibu yang baik Christabel Missan What'sApp nomor +15614916019
Anda juga dapat mengontrak ibu: facebook Facebook: christabelmissancompany@gmail.com
Nomor WhatsApp +15614916019
email: christabelloancompany@gmail.com